10 Cara Mengatur Pencahayaan Untuk Kamar Bayi Yang Tepat

10 Cara Mengatur Pencahayaan Untuk Kamar Bayi Yang Tepat

10 Cara Mengatur Pencahayaan Untuk Kamar Bayi Yang Tepat | Furnituretro.com – Anda telah memilih warna, menegaskan tema dan bahkan memilih buaian yang sempurna. Kamar tidur anak Anda telah menjadi visi sempurna Anda jika Anda dapat melihatnya!

Pencahayaan adalah komponen penting dari rancangan, namun di saat tiba saatnya untuk memperbaikinya, sebagian besar orang tua membiarkan dalam kegelapan. Ingin tahu bagaimana cara terbaik menyalakan kamar bayi anak Anda? Berikut adalah sepuluh tips untuk membantu Anda mengerjakannya dengan benar.

10 Cara Mengatur Pencahayaan Untuk Kamar Bayi Yang Tepat
10 Cara Mengatur Pencahayaan Untuk Kamar Bayi Yang Tepat

Hindari Pencahayaan Yang Terlalu Terang

Cahaya redup menjadikan ruangan apa pun tampak hangat, namun itu bukan satu-satunya argumentasi untuk bikin semuanya tetap nyaman. Pencahayaan redup menghemat kontras antara terang dan gelap, menghalangi rangsangan berlebih dan memberi waktu pada mata bayi yang masih berkembang untuk istirahat.

Saat menyalakan kamar bayi, hindari halogen dan bola lampu yang terbuka. Lampu terang ini bikin bayi tidak nyaman dan khawatir. Bahkan bisa berbahaya bagi Balita. Mendingan menyeleksi perangkat yang menawarkan cahaya terang atau buram. Bola lampu berlabel soft-white atau daylight akan lebih enak di mata bayi.

Pasang Dimmer

Digunakan secara terorganisir sebagai bagian dari kegiatan rutin sebelum tidur, sakelar redup dapat membantu bayi Anda tidur dan nyenyak. Suasana damai yang diciptakan oleh pencahayaan redup bertindak sebagai pemicu bagi pemimpi kecil Anda, membiarkan tubuhnya tahu bahwa inilah saatnya untuk beristirahat. Dimmer juga memungkinkan Anda untuk menyelinap masuk ke luar ruang sesekali tanpa mengganggu si kecil. Ini juga sempurna untuk pemberian makan di malam hari dan pergeseran popok, membantu menjaga keadaan bayi Anda yang mengantuk saat Anda mengelola bisnis.

Buat Lapisan Cahaya

Pencahayaan redup seluruhnya baik dan bagus, namun sewaktu Anda tertidur di sudut dengan popok yang berantakan, itu menolong jika Anda bisa melihat apa yang Anda kerjakan. Trik-nya? Buat lapisan cahaya.

Alih-alih mengandalkan lampu plafon yang terlalu terang, gunakan sejumlah lampu untuk menerangi ruangan sesuai keperluan. Bertujuan untuk sekurang-kurangnya tiga titik cahaya, seperti perangkat plafon, mengubah lampu meja, dan lampu baca. Dengan mengamankan opsi Anda terpusat pada tugas, Anda akan senantiasa mempunyai cukup cahaya di mana pun Anda memerlukannya.

Pertimbangkan Kombinasi Lampu Plafon/Kipas

Untuk lampu plafon, yang memadukan perangkat lampu dan kipas plafon menawarkan banyak faedah. Kipas dapat menolong dalam manajemen energi, menyejukkan bayi Anda di musim panas dan mendorong kehangatan di musim dingin, dan banyak bayi merasakan gerakan kipas itu menenangkan dan bikin rileks. Kipas dengan jikah dicat dengan warna-warna cerah yang berlainan menjadi suguhan visual di saat kipas berlangsung dengan kecepatan lambat.

Hindari Lampu Lantai

Lampu lantai tinggi yang ditaruh oleh buaian atau meja ganti adalah petaka yang menunggu untuk terjadi, terutama bisa terjadi ketika bayi Anda menyentuh dan memanjat lampu tersebut. Lampu-lampu lantai yang tinggi dapat dengan gampang jatuh ke tanah oleh bayi atau Balita. Biarkan tugas pencahayaan Anda terbatas pada lampu meja dengan kabel yang dapat dijauhkan dari jalan.

Waspadai Panas

Berbagai macam bola lampu bisa menjadi sangat berbahaya, jadi kalau Anda mempunyai salah satu perangkat ini, tentukan diposisikan di lokasi di mana bayi atau Balita yang penasaran tidak bisa mencapai dan menyentuhnya. Bola lampu neon (cfl) atau led (light-emitting diode) jauh lebih dingin untuk disentuh, dan mereka juga jauh lebih hemat energi dibandingkan dengan bola lampu pijar.

Kontrol Cahaya Alami

Cahaya alami adalah hal yang Indah. Menjaga kamar bayi Anda tetap gelap dan dingin tidak hanya akan membantu bayi Anda tidur lebih lama, namun juga menghalangi panas berlebih.

Kisaran opsi perawatan jendela untuk kamar bayi sama bermacam-macamnya seperti untuk setiap ruangan di rumah, mulai dari nuansa jendela gulung sederhana hingga tirai tebal yang paling ringan. Namun, sangat penting bagi Anda untuk mengambil langkah-langkah pengamanan anak untuk semua perawatan jendela di kamar bayi atau kamar anak-anak.

Bikin Sesuatu Perbedaan

Perangkat plafon yang dramatis dapat menjadikan perbedaan besar pada kamar anak Anda. Mengapa tidak mengganti lampu patokan Anda dengan liontin yang keren, kebesaran, atau bahkan lampu gantung yang elegan? Kamar bayi adalah tempat yang cocok untuk membangun tema yang menggembirakan dengan perangkat plafon yang unik atau lampu gantung yang berfungsi sebagai titik konsentrasi.

Menjadi Inovatif

Kamar tidur bayi anak Anda memerlukan pencahayaan praktis, beberapa sumber pencahayaan dapat melayani tujuan lain, juga, seperti menawarkan hiburan atau minat visual sederhana. Gunakan imajinasimu! Nyalakan lampu pada plafon dengan cahaya bintang led, umpamanya. Atau berikan cahaya magis dengan deretan lampu berkelap-kelip. Anda bahkan dapat memakai cahaya untuk mempercantik tema dekorasi. Apa pun yang Anda pilih untuk dilakukan, bersenang-senanglah dan ciptakan sesuatu yang benar-benar unik!

Jangan Lupa Cahaya Malam

Bahkan kamar tidur bayi anak termanis bisa terlihat menkhawatirkan di malam hari. Bayi baru lahir Anda mungkin belum takut akan kegelapan. Lindungi si kecil Anda dengan satu atau lebih lampu malam kreatif untuk anak-anak.

Jenis kerajinan yang bisa dipakai pada kamar tidur bayi anak Anda sebagai peluang untuk bikin lampu kamar bayi sendiri.